New Dyna
Rp 377,3 - 465 juta
New Dyna
List Promo New Dyna
Mohon maaf untuk promo saat ini belum tersedia,
Silahkan klik tombol dibawah ini dan Kami akan menghubungi Anda ketika promo sudah tersedia.
Mohon maaf untuk promo saat ini belum tersedia,
Silahkan klik tombol dibawah ini dan Kami akan menghubungi Anda ketika promo sudah tersedia.
Tentang Toyota New Dyna
Mobil Toyota Dyna bisa anda dapatkan dengan cicilan yang mudah dan tingkat approval yang tinggi melalui Dealer kami. Jaringan kami yang sangat luas ke semua Dealer mobil mempermudah anda untuk mendapatkan mobil impian anda.
Kendaraan bervolume besar menjadi pilihan utama bagi mereka yang memiliki usaha di bidang ekspedisi jasa angkutan, pertambangan, maupun bahan makanan. Oleh karena itu perkembangannya tidak boleh diremehkan, meskipun tidak menyasar ke pasar populer. Di Indonesia, mobil ini tidak dijual oleh semua brand, hanya beberapa merk besar yang sampai saat ini memproduksi kendaraan truk, salah satunya adalah Toyota dengan Dyna-nya.
Toyota Dyna hadir di pasar Indonesia sejak tahun 70an. Menjadi salah satu truk yang laris digunakan di masanya, truk ini menggunakan kabin COE atau Cab Over Engine, yang pertama di dunia. Tipe yang dijual pertama adaah tipe BU di tahun 1975, lalu dikembangkan kembali di tahun 1984 menjadi tipe Dyna Rino 115Ps versi enam ban dan empat ban.
Jaman yang semakin modern membuat Toyota juga mulai memperbaharui unit-unit Dyna yang akan dijualnya. Tercatat mulai dari 2002, Dyna dilengkapi mesin bertenga 4.000cc. Variannya pun semakin banyak, ada yang 4 ban, 6 ban, dan berbagai macam model lainnya. Perubahan selanjutnya terjadi di tahun 2007, dimana mobil ini sekarang dilengkapi Turbo Intercooler, membuatnya lebih dingin, nyaman, dan memiliki tenaga lebih besar sebagai sebuah kendaraan komersial.
Mesin dan Dimensi Toyota Dyna
Toyota Dyna dijual dalam beberapa tipe, ET, FT, HT, ST, XT. Dari banyaknya tipe Dyna yang dijual, kesemuanya menggunakan tipe mesin yang sama, yaitu W04D-TP. Mesin ini menggunakan bahan bakar Diesel dengan konfigurasi mesin 4 silinder, lengkap dengan TurboCharger Intercooler, menjadikannya lebih bertenaga serta hemat bahan bakar.
Mesin 4L tersebut memiliki daya serta torsi maksimum yang cukup besar di segala medan. Daya maksimum 110 Ps pada putaran 2.800 rpm, dan torsi maksimumnya 29 Kgm pada putaran 1.800 rpm, cocok digunakan dalam medan yang berat karena tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam.
Perlu diketahui bahwa truk ini menggunakan transmisi manual dengan lima kecepatan. Tidak sebanyak truk Eropa, tetapi transmisi ini sangat optimal dalam melahap jalanan terjal di Indonesia.
Mesin |
W04D-TP |
Tipe Mesin |
Diesel 4 Stroke 4 Cylinder In-Line, Direct Injection, Turbo Charger with Intercooler |
Diameter x Langkah |
104 mm x 118 mm |
Daya Maksimum |
11Ps/2.800rpm |
Torsi Maksimum |
29Kgm/1,800rpm |
Sistem Bahan Bakar |
Direct Injection |
Bahan Bakar |
Diesel |
Sistem Transmisi |
M153 with 5 Speed Manual |
Sementara itu untuk dimensinya, Dyna hadir dengan panjang mencapai 6 meter, lebar 2 meter, dan tinggi keseluruhan 2 meter. Radius putarnya pun cukup lebar, 201mm dengan berat kotor mencapai 7 ton. Kapasitas tangki yang digunakannya mencapai 100 Liter, cukup untuk digunakan pulang-pergi dari menggunakan Tol Trans Jawa yang baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu.
Panjang Kendaraan |
6.026mm |
Lebar Kendaraan |
1.864mm |
Tinggi Total Kendaraan |
2.150mm |
Jarak Poros Roda |
3.380mm |
Jarak Pijak Depan |
1.405mm |
Jarak Pijak Belakang |
1.435mm |
Radius Putar |
201mm |
Berat Kotor |
7.000kg |
Kapasitas Tangki |
100L |
Sasis, Ban, dan Rem Toyota Dyna
Sebagai kendaraan komersial yang pastinya digunakan setiap waktu, ditambah dengan jarak yang cukup jauh, membuat Toyota Dyna harus memiliki perlengkapan penunjang yang sangat awet. Karena jika tidak, dipastikan mobil ini tidak memiliki umur panjang. Oleh karena itu Toyota memastikan kendaraan ini layak jalan di berbagai kondisi, cuaca, dan situasi jalanan.
Sasis utama dari Dyna menggunakan model COE atau Cabin Over Engine, sehingga pengemudi dan penumpang duduk diatas mesin W04D-TP tersebut. Suspensi Toyota Dyna menggunakan tipe yang sama baik depan maupun belakang, Rigid Axle with Leaf Spring. Sementara itu bagian pengereman, sisi depan menggunakan rem tromol dua piston, dan rem belakang menggunakan rem tromol empat piston.
Untuk ukuran ban, 7.50-16-14PR cukup besar dan kuat dalam membuat Dyna berjalan di segala kondisi. Ban tersebut disokong oleh salah satu merk ternama di Indonesia yang sudah biasa membuat ban berukuran besar dan untuk memenuhi kebutuhan truk.
Sasis |
Cabin Over Engine |
Suspensi Depan & Belakang |
Rigid Axle with Leaf Spring |
Rem Depan |
Drum with Two Leading Shoes with Vacuum |
Rem Belakang |
Drum with Dua Two Leading Shoes with Vacuum |
Ukuran Ban |
7.50-16-14PR |
Eksterior Toyota Dyna
Sejatinya sebuah truk, Dyna hadir dengan model desain yang tidak terlalu kuno, tetapi juga tidak terlalu mewah. Berbeda dengan truk-truk buatan Eropa yang tampil lebih elegan dan modern. Toyota Dyna memiliki tampilan truk pada umumnya, kotak. Hal ini menjadi desain hampir semua truk di Indonesia, karena rata-rata menggunakan sasis COE yang sama, sehingga tidak banyak perubahan. Perbedaan terlihat hanya di bagian lambang dan tipe.
Dari sisi depan, Dyna memiliki lampu utama yang cukup besar. Ini berguna agar jangkauan lampu lebih lebar ketika malam hari. Lalu bemper depan cukup kokoh, lengkap dengan lambang Toyota yang berada di tengah bodi mobil. Posisi spion persis berada di bodi samping tetapi tidak menempel di pintu. Batang spion yang cukup panjang membuat pengemudi tidak perlu sulit untuk melihat kebelakang. Kekurangannya hanyalah untuk mengatur spion kiri, membutuhkan bantuan dari penumpang atau kernet.
Secara keseluruhan, eksterior Toyota Dyna memberi kesan kendaraan ini sangat kokoh, mampu bergerak di segala medan, dan tentunya mudah mendapatkan perbaikan karena tinggal angkat bodi depan, dan mesin sudah bisa langsung direparasi.
Interior Toyota Dyna
Statusnya sebagai kendaraan komersial segala medan, membuat Dyna juga harus tampil memadai dan nyaman bagi para pengemudi dan kernet atau penumpang. Hal ini terlihat sejak pertama kita membuka pintu, langsung disuguhi tampilan dashboard yang cukup keren. Dominasi warna coklat muda cukup membuat mata tidak capek ketika sedang berkendara jarak jauh, begitupula jok yang dikenakannya, memiliki motif yang keren sehingga tidak cepat bosan dalam perjalanan.
Posisi duduk juga sangat diperhatikan oleh Toyota Astra Motor Indonesia. Jok Dyna dapat diatur sedemikian rupa demi kenyamanan pengendara, begitu juga dengan posisi tuas setir yang dapat diatur ketinggiannya serta posisi setir lebih maju atau lebih mundur.
Dari sisi entertainment, truk ini juga dilengkapi dengan sistem radio terbaru, tentunya lebih kuat dan mendukung konektivitas terkini, seperti CD, DVD, USB. Panel speedometer sudah lebih modern dengan warna yang atraktif, meteran bensin dan kilometernya sudah menggunakan panel digital, mirip dengan mobil-mobil konsumen biasa masa kini.
Fitur Keamanan Toyota Dyna
Tidak lengkap sebuah kendaraan komersial tidak memiliki fitur keamanan yang mumpuni. Dyna tentu saja dilengkapi fitur-fitur tersebut. seperti APR atau Alat Pemadam Ringan, lalu Rem Angin, berguna untuk membantu pengereman.
Kaca depan juga turut dilapisi laminasi terbaru, sehingga bisa tahan terhadap benturan. Pintu samping kanan dan kiri juga diperkuat dengan teknologi Side Impact Beam. Ini berarti pengemudi dan kernet dari Toyota Dyna memiliki perlindungan yang sangat baik dari sisi depan dan sisi samping jika terjadi kecelakaan yang cukup parah.
Rekomendasi mobil Toyota Sejenis
Plaza Toyota Green Garden
Jl. Panjang No.25, Kedoya Utara, Jakarta 11520
Terverifikasi
Lihat Peta